Arti Urutan 5 Jari Manusia.


Kenapa jari-jari manusia yang normal memiliki ukuran tinggi yang tidak sama? Setiap ciptaan Allah tentu ada rahasia atau arti yang penting. Pada kali ini akan di jelaskan urutan 5 jari manusia dilihat dari ukuran tingginya.


  1. Jari kelingking, merupakan simbol dari Zaman Nabi Adam. Nabi Adam adlah Nabi yang pertama, dan jika dikaji lagi setiap tulisan Al Qur'an selalu diawalidari sebelah kanan, sehingga jari kanan manusia merupakan simbol dari lafaz Allah dan huruf alif dari yang mengawali lafaz Allah berada pada jari kelingking simbol dari permulaan yaitu simbol permulaan dari zaman Nabi Adam
  2. Jari Manis merupakan simbol dari zaman Nabi Idris. Ukuran jari manis yang lebih tinggi dari jari kelingking hal itu berarti kehidupan yang dijalani oleh manusia pada zaman nabi idris memiliki peradaban yang lebih tinggi dari zaman Nabi Adam atau bisa dikatakan lebih berkembang.
  3. Jari Tengah lebih tinggi dari jari lainya karena ini menandakan zaman Nabi Nuh yang merupakan puncak peradaban tertinggi pada waktu itu. Namun kemajuan peradaban tidak membawa kepada ketakwaan, akhirnya Allah menghukum manusia pada zaman nabi nuh dengan mengirim banjir yang sangat dahsyat, orang -orang yang tidak taat kepada Nabi Nuh binasa dan yang taat terhadap Nabi Nuh selamat dan berkembang mengawali peradabannya dari awal kembali.
  4. Jari telunjuk lebih pendek dari jari tengah adalah simbol dari zaman Nabi Ibrahim, keistimewaan Nabi Ibrahim adalah karena beliau dijuluki bapanya para Nabi dan sebagai figur dari ajaran Tauhid bagi orang-orang yang mencari kebenaran Tuhan. Selain itu jari telunjuk merupakan simbol dari angka satu yang menunjukan bahwa Allah itu satu. Firman Allah dalam surat Al Anam ayat 161 yang artinya "Katakanlah:'Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus (yaitu) agama yang benar, agama Ibarahim yang lurus ... ". Kemudia telah jelas bahwa jari telunjuk lebih pendek dibanding jari tengah, ini menunjukkan apa yang ada pada zaman Ibrahim , mulai dari ukuran manusia, ukuran kepintaran dan kemakmuran manusia menyusut diperkecil oleh Allah hingga sampai pada zaman Nabi Muhammad ukuran manusia makin kecil dibandingkan ukuran manusia pada zaman Nabi Nuh. Allah berfirman, dalam surat An Nahl ayat 123 yang artinya,"Kemudian kami wahyukan kepadamu (Muhammad): 'ikutilah agama Ibrahim',"
  5. Ibu Jari simbol dari zaman Nabi muhammad. Jari ini lebih pendek dari jari lainnya ini mengisyaratkan bahwa pada zaman Nabi Muhammad merupakan sisa-sisa dari kehidupan. Segala teknologi yang ada pada zaman sekarang selaku umat Nabi Muhammad, tetap tidak dapat melampaui apa yang telah dicapai umat sebelumnya yakni pada zaman sebelum Nabi Muhammad. Dari itulah dalam Al Qur'an seringkali menegaskan jika umat sebelum kita yang segala sesuatunya lebih tinggi saja bisa membinasakan apalgi zaman kita, zaman pengulangan. Allah berfirman dalam surat Al Waqi'ah ayat 62 yang artinya,"Sesungguhnya kamu mengetahui penciptaan pertama, maka mengapakah kamu tidak mengambil pelajaran (untuk penciptaan yang kedua?)"

Itulah makna dari 5 jari manusia yang memiliki ukuran tinggi yang tidak sama yang melambangkan kehidupan peradaban para nabi dari masa ke masa. Dari penjelasan di atas memang tidak ada riwayat yang menunjukkan keshahihannya, namun bisa diambil hikmah untuk kita sebagai umat pada akhir zaman ini atau umat Nabi Muhammad tidak boleh berkecil hati, sebab dibalik semua itu Allah Maha Penyayang, buktinya adalah dengan diturunkannya Al Qur'an yang merupakan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk disampaikan kepada umatnya yaitu kita. Al Qur'an adalah kitab yang sungguh istimewa, banyak rahasia di balik Al Qur'an, apabila kita mengkajinya, membacanya dan mengamalkan ilmu yang ada pada Al Qur'an, yang juga disebut Ummul Ilmu atau Ibunya Ilmu. Sejalan dengan simbol ibu jari. Wallahualambishawab.

Comments