Cara Mengetahui Setan dan Malaikat


Bagaimana cara mengetahui setan atau malaikat yang ada di sekitar kita? Hal itu tentu saja tidak bisa kita lakukan sebagai manusia biasa. Memang Allah telah menganugerahkan mata untuk melihat, namun tidak semua bisa dilihat, seperti setan dan malaikat tidak bisa kita lihat. Namun Allah memberikan keistimewaan kepada hewan untuk bisa melihat keberadaan setan dan malaikat.


Dengan memperhatikan tingkah laku hewan tersebut kita dapat mengetahui setan atau malaikat yang berada di sekitar kita. Lalu hewan apa saja yang bisa melihat setan dan malaikat? dibawah ini akan dijelaskan beberapa hewan yang bisa melihat keberadaan setan dan malaikat. yaitu :

Anjing dan Keledai, Kedua hewan ini ternyata bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat, Rasulullah AW bersabda yang artinya, "Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan keledai meringkik, memintalah perlindungan kepada Allah SWT. sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat". HR. Abu Dawud dan Ahmad. 

Kenapa anjing dan keledai bisa melihat setan? Karena kedua hewan tersebut memiliki sistem visual yang berbeda dengan manusia. Pandangan mata manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada di bawah sinar infra merah atau di atas sinar ultraviolet.

Berbeda dengan keledai dan anjing, hewan itu dapat melihat dengan sinar inframerah dan sedangkan setan itu adalah tercipta dari api yang berarti setan termasuk dalam lingkup inframerah. Karena itulah keledai dan anjing dapat melihat setan, tetapi tidak bisa melihat malaikat.
Ayam Jantan

Menurut mitos jika kita mendengar ayam yang berkokok di malam hari itu tandanya ayam tersebut melihat setan. Seringkali kita mendengar ayam yang berkokok di sekitar pukul 3 pagi, tapi ayam tersebut berkokok tidak melihat setan, melainkan melihat malaikat.

Rasulullah SAW besabda: “Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada kepada Allah SWT karena ia melihat Malaikat” (shahih di riwayatkan oleh bukhori dan Muslim).

Rasulullah sebelumnya pernah mengatakan bahwa waktu yang utama yaitu di sepertiga malam terakhir. Karena pada sepertiga malam terakhir Malaikat akan turun ke bumi.

Kenapa ayam bisa melihat malaikat? Karena ayam jantan mampu melihat sinar ultraviolet, dan malaikat tercipta dari cahaya ultraviolet oleh karena itu malaikat dapat di lihat oleh ayam jantan.

Jika malaikat datang maka setanpun akan menghindar, karena setan terganggu bila melihat cahaya Malaikat. Dengan kata lain jika sinar ultraviolet bertemu dengan sinar inframerah di suatu tempat maka sinar inframerah akan memudar.

Sungguh Allah Maha adil, tidak ada yang sia-sia segala penciptaannya. Dengan bantuan hewanlah maka kita bisa mengetahui keberadaan setan dan malaikat yang ada di sekitar kita.

Comments