Mencegah Bocornya Campuran Udara dan Bahan Dakar Dengan PVC System


Mencegah Bocornya Campuran Udara dan Bahan Dakar Dengan Positive Crankcase Ventilation (PVC) System. PVC sistem dilengkapi untuk mencegah mengalirnya blow by gas (campuran udara dan bahan bakar yang bocor ke udara, yang akan mengakibatkan pengotoran udara. pencegahan hal tersebut dilakukan dengan jalan mengalirkan kembali blow by gas ke in take manifold yang seterusnya dibakar kembali ke ruang bakar. Sistem ventilation valve mengontrol mengalirnya blow by gas sesuai dengan kordinasi kerja mesin.

Cara Kerja :

  1. Pada saat mesin mati ataaau terjadi back fire, dengan adanyan pegas, valve tertekan ke bawah menutup saluran yang menghubungkan intake manifold dan crankcase.
  2. Pada putaran idling atau pada saat pengurangan kecepatan, pada saat ini kevakuman intake manifold tinggi, sehingga valve akan tertarik ke atas ( ke bagian intake manifold) untuk memperkecil luas saluran gas sehingga aliran gas ke intake manifold berkurang.
  3. Pada saat mesin bekerja normal, kevakumanpada intake manifold lebih rendah daripada keadaan no.2 diatas, hal ini mengakibatkan valve akan bergerak turun sehingga luas saluran gas menjadi lebih luas.
  4. Pada saat akselerasi atau pada saat beban berat, pada saat ini kevakuman pada intake manifold lebih rendah lagi sehingga valve akan bergerak lebih turun lagi tetapi belum menutup. Jadi luas saluran gas menjadi maksimum, yang mana blow by gas dapat mengalir ke intake manifold dalam jumlah yang besar. Bila gas yang dihasilkan melebihi kapasitas saluran gas pada valve , gas akan dialirkan ke karburator melalui selang (hose) yang dipasangkan antara kepala silinder dan saringan udara. 

Comments