Tingkat Kepedasan Cabai (Skala Scoville)


Pasti semua mengenal namanya cabai, dan cabai identik dengan rasanya yang pedas. Nah rasa pedas yang ada pada cabai ternyata ada ukurannya lho. Tingkat kepedasan suatu cabai dapai diukur dengan satuan Scoville atau SHU.

Menurut Wikipedia Tingkat Ke-Pedasan Cabai atau disebut juga Skala Scoville. Kenapa cabai itu pedas? Karena cabai (genus Capsicum) mengandung capsaicin, suatu bahan kimia yang merangsang ujung saraf penerima pedas di lidah, dan jumlah satuan pedas Scoville (SHU) menunjukkan jumlah capsaicin yang ada. Banyak sambal menggunakan peringkat Scoville mereka dalam iklan sebagai daya jualnya.


Scoville berasal dari seseorang yang bernama Wilbur Scoville, yang mengembangkan Tes Organoleptic Scoville pada 1912. Wilbur Scoville melakukan rancangan aslinya, yaitu cairan ekstrak cabai dicampurkan dalam air gula sehingga 'pedasnya' tidak lagi dapat dideteksi oleh sebuah panel penguji (biasanya lima orang). Tingkat pencampurannya itu memberikan ukuran bagi skala Scoville ini. Jadi cabai manis yang tidak mengandung capsaicin sama sekali, pada skala Scoville nilainya nol. Artinya rasa pedas tidak ditemukan bahkan ketika cairan itu belum dicampurkan. Sebaliknya, cabai yang paling pedas, seperti misalnya cabai Habanero, mempunyai peringkat 300.000 atau lebih. Hal ini menunjukkan bahwa ekstraknya harus dicampurkan 300.000 kali lipat sebelum capsaicin yang hadir di dalamnya tidak terasa lagi. 15 satuan Scoville sama tingkatnya dengan satu bagian capsaicin per satu juta. Jadi, konsentrasi yang tertinggi sama nilainya dengan 15.000.000 satuan Scoville. Kelemahan teresar dari Tes Organoleptik Scoville ialah ketidaktepatannya, karena ia mengandalkan subyektivitas manusia.

Perkembangan analit belakangan seperti kromatografi cair berperforma tinggi (HPLC) (juga dikenal sebagai "Metode Gillett") kini telah memungkinkan peringkat Scoville ditentukan dengan ukuran langsung capsaicin dan bukan dengan menggunakan rasa.

itulah informasi mengenai ukuran ke-Pedasan cabai. semoga bermanfaat.

Comments