4 Pengertian Peta Menurut Para Ahli Beserta 7 Fungsinya.

Tulisan ini berisikan rangkuman mengenai Definisi/Pengertian Peta Beserta 7 Fungsinya. Dan tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan-tulisan Geografi SMA Kelas 10 yang telah admin publish sebelumnya, mulai dari Definisi dan Arti Geografi Secara Umum Menurut Para Ahli, Ilmu Penunjang Geografi dan Contohnya (19 Ilmu Lainnya),sampai Rangkuman Geografi Kelas X Semester 1 (SMA).

Sejak jaman prasejarah peta sudah digunakan oleh manusia, pada waktu itu masih menggambarkan letak gunung, lembah dan sungai. Peta telah mengalami perkembangan yang pesat pada zaman sekarang. Peta digunakan untuk kepentingan dan analisis wilayah. Contohnya bertujuan untuk mengetahui daerah rawan bencana, persebaran curah hujan, persebaran jenis tanah, dan sebagainya.

Dengan adanya kemajuan teknologi, peta dapat memudahkan kita dalam dalam menginventarisasi sumber daya alam yang ada di negara kita Indonesia.

Pengertian Peta

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang lebih terperinci dan diperkecil menurut ukuran geometris pada suatu bidang datar.
Kartografi merupakan ilmu yang memeplejari mengenai peta, sedangkan kartograf merupakan orang yang ahli dalam bidang pemetaan.
Pengertian peta menurut Para ahli atau lembaga terkait di bidang pemetaan.
a. Menurut Aryono Prihandito (1998)
Peta adalah gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu, pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu.
b. Menurut ICA (International Cartographic Association)
Peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abastrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan.
c. Menurut Erwin Raisz (1948)
Peta adalah gambaran konvensional dari ketampakan muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas, dibuat pada bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas.
d. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal 2005)
Peta adalah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, sumber informasi bagi para perencana, dan pengambilan keputusan pada tahapan serta tingkatan pembangunan.

Baca juga:
- 45 Contoh soal UAS/PAS Geografi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawaban
- 65 Contoh Soal UAS Geografi Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban (PG dan Essay)
- 80 contoh soal UAS/PAS Geografi Kelas 11 Semester 1 Beserta Kunci Jawaban
- 40 Soal UAS/PAS Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Fungsi Peta

Peta mulai muncul dan dipergunakan oleh manusia pada saat manusia melakukan penjelajahan serta penelitian. Walaupun pada waktu itu bentuk peta masih sangat sederhana berupa sketsa mengenai suatu wilyaah.
Claudus Ptoloeumeus seorang geograf yang berasal dari Yunani merupakan orang pertama yang membuat peta dunia yang sudah dilengkapi oleh jaring-jaring derajat, garis-garis sungai, bukit, dan pegunungan. Beliau juga mengemukakan bahwa pentingnya sebuah peta. Nah, berikut ini beberapa fungsi dari peta.
a. Dapat menunjukkan suatu posisi atau lokasi relatif.
b. Dapat memperlihatkan ukuran, seperti dalam peta dapat mengukur luas daerah dan jarak-jarak sebenarnya dipermukaan bumi.
c. Dapat memperlihatkan bentuk, seperti bentuk suatu negara, gunung, danau, dan yang lainnya.
d. Dapat mengumpulkan dan memilih data dari suatu daerah serta menyajikannya dalam peta.
e. Dapat menunjukkan ketinggian atau kemiringan suatu tempat.
f. Dapat menyajikan persebaran kenampakan alam dan kenampakan buatan.
g. Dapat memperlihatkan gerak perubahan dan memprediksi suatu kegiatan ekonomi, mobilitas manusia, serta lain sebagainya.

Soal-soal Geografi SMA tentang Peta/Dasar-dasar pemetaan, silahkan baca disini

Lanjut ke tulisan berikutnya==> Inilah 3 Jenis Peta Berdasarkan Karakteristiknya

Comments