Inilah 3 Jenis Peta Berdasarkan Karakteristiknya

Melanjutkan tulisan tentang 4 Pengertian Peta Menurut Para Ahli Beserta 7 Fungsinya. sebelumnya, postingan kali ini berisikan tentang jenis-jenis peta. Yang bisa siswa SMA jadikan referensi belajar online sebagai resume/rangkuman.

Selain itu, untuk soal-soal geografi mengenai Peta, silahkan baca postingan: Soal essay geografi tentang peta, dan soal PG Geografi tentang peta dan pemetaan

Secara umum peta dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk berdasarkan karakteristik, yaitu:

1. Dilihat dari sumber datanya

Peta berdasarkan sumber datanya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Peta Induk
Peta induk adalah peta yang dihasilkan melalui survei secara langsung ke lapangan. Peta induk dapat digunakan sebagai dasar dalam pembuatan peta topografi, sehingga peta ini dapat dijadikan acuan dalam pembuatan peta lainnya.

b. Peta Turunan
Peta turunan adalah peta yang tidak memerlukan survei lagi ke lapangan, karena peta ini dibuat dari peta yang sudah ada sebelumnya sebagai acuan, sehingga peta ini tidak dapat dijadikan sebagai peta dasar.

2. Dilihat dari Isinya

Peta jenis ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Peta Umum
Peta umum adalah peta yang menggambarkan semua kenampakkan yang ada dipermukaan bumi, baik itu kenampakkan alam dan kenampakkan buatan, serta menggambarkan keadaan relief permukaan bumi yang dipetakkan. Dalam peta umum dapat dibedakan lagi menjadi tiga:
1) Peta topografi, yaitu peta yang menggambarkan permukaan bumi lengkap dengan reliefnya. Relief permukaan bumi tersebut digambarkan dalam bentuk garis kontur. Garis kontur merupakan garis yang menghubungkan tempat-tempat di permukaan bumi yang memiliki ketinggian yang sama. Garis kontur dalam peta toografi memiliki beberapa sifat, yaitu semakin rapat jarak antargaris konutr, maka semakin curam tempat tersebut dan begitu sebaliknya. Selain itu, apabila ditemukan garis kontur yang bergerigi, maka tempat tersebut terdapat sebuah lembah.
2) Peta korografi, yaitu peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian dari permukaan bumi dan bersifat umum, serta peta tersebut umumnya memiliki skala sedang. Contoh dari peta korografi salah satunya adalah atlas.
3) Peta dunia, yaitu peta yang memiliki cakupan daerah yang luas, namun peta tersebut memiliki skala yang sangat kecil.

b. Peta Khusus
Peta khusus adalah peta yang menggambarkan suatu wilayah atau daerah dari kenampakan tertentu saja. Contoh dari peta khusus, yaitu peta persebaran tanah, peta geologi, peta rawan bencana, dan lain sebagainya.

Baca juga:
- 45 Contoh soal UAS/PAS Geografi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawaban
- 65 Contoh Soal UAS Geografi Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban (PG dan Essay)
- 80 contoh soal UAS/PAS Geografi Kelas 11 Semester 1 Beserta Kunci Jawaban
- 40 Soal UAS/PAS Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

3. Dilihat dari Skala

Dilihat dari sumber data dan isinya, peta dapat dibedakan berdasarkan skala peta. Peta ini dapat dibedakan menjadi lima, yaitu:
a. Peta Kadaster
Peta kadaster adalah peta yang digunakan untuk keperluan teknis, seperti peta jaringan jalan. Peta ini memiliki skala yang sangat besar dari 1 : 100 sampai 1 : 500
b. Peta Skala Besar
Peta skala besar adalah yang secara umum digunakan untuk perencanaan wilayah. Peta ini memiliki skala dari 1 : 5.000 sampai 1 : 250.000
c. Peta Skala Sedang
Peta skala sedang adalah peta yang memiliki skala dari 1 : 250.000 sampai 1 : 500.000
d. Peta Skala Kecil
Peta skala kecil adalah peta yang memiliki skala dari 1 : 500.000 sampai 1 : 1.000.000
e. Peta Geografi/Peta Dunia
Peta geografi adalah peta yang memiliki skala lebih dari 1 : 1.000.000

Demikianlah tulisan mengenai Jenis-jenis peta, diilihat dari sumber datanya, dilihat dari isinya dan dilihat dari skalanya.

Comments